Selasa, 21 September 2021

Masa Sulit, Neraca Perdagangan RI-Ukraina Meningkat

Duta Besar RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia, Yuddy Chrisnandi, menjamu para tamu pada resepsi HUT ke-76  RI di gedung KBRI Kiev, Ukraina, Selasa (17/8/2021). (Foto: Noe Firman)

KIEV- Kendati dalam masa pandemi Covid-19, hubungan dan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Ukraina tetap stabil bahkan terus menunjukkan perkembangan yang sangat positif. Kerja sama di bidang ekonomi, misalnya, neraca perdagangan kedua negara tumbuh sebesar 1,2 miliar dolar AS.

“Dalam masa sukit di tengah pandemi pun pertumbuhannya sangat signifikan, jika dibandingkan dengan empat tahun lalu yang baru mencapai 725 juja dolar AS,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukraina, Georgia dan Armenia, Yuddy Chrisnandi, pada resepsi peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di gedung KBRI Kiev, Ukraina, Selasa (17/8/2021).

Meningkatnya neraca perdagangan di antara dua dua negara tersebut, dipengaruhi semakin intensnya hubungan komunikasi bisnis baik antarnegara (G to G), antarpelaku usaha (B to B) dan antarwarga (P to P) yang difasilitasi KBRI.

Kepada wartawan apakabar.news, Noe Firman,  Yuddy mengatakan, yang cukup menggembirakan adalah terbukanya peluang bisnis yang cukup lebar antarapelaku bisnis. Bahkan, ada sejumlah pengusaha muda tanah air yang membuka kantor dan lokasi produksinya di beberapa kota di Ukraina.

Meski belum banyak, rintisan bisnis itu menunjukkan prospek yang sangat menjanjikan. Seperti yang dilakukan Algorithm Global Innovation. Perusahaan yang dikelola pengusaha muda tanah air itu, kini banyak yang mempekerjakan tenaga-tenaga profesional muda setempat untuk menggarap sejumlah proyek mulai dari makanan, kosmetik, hingga pengembangan aplikasi teknologi informasi.

Apresiasi untuk KBRI

Di hadapan 24 duta besar, para pejabat Ukraina, kalangan pengusaha, komunitas akademisi, komunitas sosial dan keagamaan, yang menjadi tamu kehormatan resepsi perayaan kemerdekaan RI itu, Yuddy juga menekankan perlunya peningkatan kerja sama khususnya dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19.

“Kita percaya dan yakin akan mampu memanfaatkan kondisi saat ini untuk menggali lebih dalam peluang-peluang kerja sama segala bidang untuk lebih mengeratkan hubungan bilateral,” tutur Yuddy.

Pada kesempatan itu, anggota parlemen (verkhovna rada) Ukraina sekaligus Ketua Kelompok Persahabatan Parlemen Ukraina, Artem Kunaev menyampaikan apresiasinya kepada jajaran KBRI di Kiev yang secara konsisten terys mempekuat kerja sama kedua negara.

Artem juga sangat menghargai upaya-upaya diplomasi Indonesia dalam merespons berbagai isu dan kepentingan Ukraina, seperti konflik di Crimea. “Persahabatan Ukraina-Indonesia diharapkan terus berkontribusi dalam mendorong berbagai kepentingan kedua negara,” katanya.

Aacara dilanjutkan dengan ramah tamah menikmati sajian beberapa kesenian daerah Indonesia yang dibawakan muda-mudi Kiev dan suguhan aneka masakan Nusantara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: