Selasa, 2 Maret 2021

TNI dan Warga Membangun Jamban Umum

Pembangunan jamban umum di Cikored, Desa Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.  Foto: Odesa Indonesia.

BEBERAPA pria berbaju loreng itu bersama warga dengan cekatan mengangkuti batu bata, memasangkannya berderet dan merekatkannya dengan semen. Ada juga yang mengeraskan tanah dan  mengukur ketepatan posisi rangka besi sebagai penopang bangunan.

“Segar juga pagi-pagi sudah ngangkut bata nih. Bekeringat, enak dann sehat,” kata  Sersan Kepala Serka Suyanto, saat ditemui di Kampung Cikored, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (21/12/2020).

Suyanto dan rekan-rekannya berada di Cikored untuk membangun jamban umum bersama warga setempat. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Yayasan Odesa dengan anggota TNI dari Satgas Citarum Harum Sektor 22. Pembangunan jamban berukuran 3 x 6 meter itu ditargetkan selesai dalam 12 hari kerja.

Di Kampung Cikored masih terdapat sanitasi buruk, terutama dalam hal aktivitas mandi cuci kakus (MCK). Banyak keluarga miskin yang keadaan air bersihnya memprihatinkan.  Pada 2019 lalu Yayasan Odesa Indonesia sudah membangun tiga toilet di kampung tersebut. Sarana MCK kali ini dibangun di RT 02 RW 07.

“Keadaan sanitasi di Cikored memang masih ada yang tidak sehat. Harus segera dibenahi.  Saya survei langsung dan melihat kenyataan masih banyak orang buang air besar berkategori sembarangan. Tidak ada sarana pembuangan akhir tinja ke septick tank,” kata Suyanto.

Menurutnya, keadaan lingkungan di Cikored masih alami dan dipenuhi pepohonan tinggi sehingga udaranya segar dan menyehatkan. Namun ketika dia dan rekan-rekannya melakukan survei, menemukan kenyataan masih adanya ketertinggalan dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

“Perbaikan dalam bidang pendidikan dan kesehatan juga sebagai upaya untuk memperbaiki cara pandang warga terhadap lingkungan.  Karena itu kami dari Satgas Citarum peduli persoalan ini,” ungkap Suyanto.

Menurut relawan Odesa Indonesia, Ujang Rusmana, seluruh pembiayaan untuk membangun fasilitas MCK komunal tersebut berasal dari para dermawan. Dikumpulkan melalui penggalangan dana yang secara rutin dilakukan Odesa Indonesia.

“Dana ini berasal dari para dermawan dengan berbagai latar belakang. Statusnya tidak mengikat. Siapa saja boleh berpartisipasi. Alhamdulillah, sejauh ini  Odesa Indonesia sudah membangun sebanyak 31 jamban umun di Kecamatan Cimenyan,” ujar Ujang Rusmana yang merupakan warga Kampung Cisanggarung Desa Cikadut.  (Abdul Hamid)***

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: