Minggu, 16 Mei 2021

Sehari, Dua Kepala Daerah di Jabar Diperiksa KPK

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

BANDUNG.- Dalam sehari, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dua kepala daerah di Jawa Barat yaitu Bupati Bandung Barat Aa Umbara dan Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, pada kasus yang berbeda. Keduanya memenuhi panggilan dan  datang ke Gedung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat, di Kota Bandung, Kamis (12/11/2020)

Aa Umbara mendatangi Gedung BPKP Jawa Barat sekitar pukul 12.30 WIB. Ketika awak media bertanya kepadaya, Aa  tidak banyak bicara.  “Tunggu saja hasil pemerriksaan. Nanti saja, sekarang belum beres,” kata Aa yang mengenakan kemeja batik warna biru. Belum jelas dalam kasus apa Aa diperiksa. Bagi Aa ini adalah pemanggilan kedua kalinya oleh KPK. Sebelumnya, tanggal 10 November 2020 lalu.

Pada hari yang sama, KPK juga memanggil Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi  proyek pekerjaan infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar Tahun Anggaran 2012 sampai 2017. Seperti halnya Aa, bagi Ade juga ini pemanggilan kedua. Sebelumnya, dia datang ke KPK pada 12 Agustus 2020 lalu.

Penyidik KPK tidak hanya gemanggil Ade, namun juha beberapa orang lainnya sebagai saksi. Mereka adalah Direktur PT Harisma Bakti Utama Enang Supyana dan mantan Kabid Pengairan Dinas PUPR Kota Banjar Endang Pandi.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, pemeriksaan terhadap tiga saksi itu digelar Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat. Sejauh ini,  KPK belum menetapkan  tersangka dalam kasus bersangkutan. (Pri)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: