Sabtu, 12 Juni 2021

Ketidakstabilan Pangan Ancam Stabilitas

 

Peresmian Kebun Kebangsaan di Serang Banten, Minggu (8/11/2020). Foto; Dok. apakabar.news

SERANG.- Pangan adalah kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia. Ketahanan pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketidakstabilan ekonomi, gejolak sosial dan politik dapat terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional.

Hal itu dikatakan Ketua Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Maman Imanulhaq, saat meresmikan program Kebun Kebangsaan di Desa Tegalsari Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten, Minggu (8/11/2020). Kegiatan itu juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kita harus mengapresiasi program kebun kebangsaan ini. Karena mempunyai dua fungsi sekaligus yaitu  menguatkan ketahanan pangan dalam mengantisipasi resesi akibat pandemi dan mengokohkan spirit nasionalisme dengan program pertanian ini,” jelas Anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini.

Program yang digagas KH. Martin Syarkowi dan Para Pengurus KITA Banten tersebut melibatkan beberapa Pesantren dan dipusatkan di Pesantren Al-Fathoniyah Serang.  “Program ini akan memberikan pendidikan keterampilan yang bersifat integrative. Materi pertanian, peternakan, perikanan, teknologi tepat guna dan lain-lain dipadukan dengan teori dan praktik,” katanya.

Ketua KITA Banten, Handi Jatna menegaskan bahwa program ini akan mendapat dukungan dari beberapa Kementrian dan pelaku pertanian serta UMKM.

Acara peresmian tersebut ditandai dengan pembacaan tentang Maulid Nabi Muhammad SAW dan pemukulan alat musik tambur oleh pengurus KITA antara lain Sekjen Ayep Zaki, Bendahara Umum Camelia Panduwinta dan Kiai Roni Thobari. (Pri)***

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: