Minggu, 16 Mei 2021

Maguire Kartu Merah, Inggris Kalah

foto: bola.net

LONDON.- Bek tengah Harry Maguire menerima kartu merah (dua kartu kuning) pada menit ke-31 saat Timnas Inggris dikalahkan Denmark 0-1 pada Liga Negara Eropa Liga A Grup 2 di Stadion Wembley, London, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB. Kapten Manchester United itu menerima kartu kuning pertama pada menit kelima karena melanggar Yussuf Poulsen. Kemudian, pada menit ke-31, Maguire menerima kartu kuning kedua karena menjatuhkan Kasper Dolberg.

Dengan dikeluarkannya Maguire, Inggris tidak mampu mengimbang permainan Tim Dinamit Denmark. Puncaknya, bek Inggris Kyle Walker melanggar Thomas Delaney di dalam kotak terlarang pada menit ke-35. Sehingga wasit asal Spanyol,  Jesus Gil Manzano menunjuk titik putih (penalti).

Christian Eriksen yang jadi algojo tendangan penalti menjalankan tugasnya dengan baik setelah menaklukkan kiper Jordan Pickford. Bagi Eriksen, mantan pemain Tottenham Hotspur (Liga Inggris) yang kini membela Inter Milan (Liga Italia), ini adalah gol ke-34 bersama Timnas Denmark.

Timnas Inggris yang berusaha mengejar ketertinggalan justru harus kehilangan seorang pemain lagi setelah bek Reece James mendapat kartu merah langsung pada menit ke-94 karena berkonfrontasi dengan wasit Manzano.

Dengan hasil tersebut Inggris menempati peringkat ketiga Liga A Grup 2 dengan mengumpulkan 7 poin, sementara Denmark (7) di peringkat kedua karena unggul rekor pertemuan (head to head) atas Inggris. Sedangkan, Belgia (9) menempati puncak klasemen setelah mengalahkan juru kunci Islandia (0) 2-1.

Hanya juara grup yang lolos ke semifinal. Untuk itu, Inggris harus mengalahkan Belgia pada pertandingan berikutnya pada 16 November. Jika kembali menelan kekalahan, The Three Lions akan tersingkir dalam perebutan gelar Liga Negera Eropa 2020.Kendati timnya kalah, pelatih Inggris,  Gareth Southgate mengaku sangat bangga dengan penampilan para pemainnya.

“Saya pikir kami tampil bagus dengan sebelas pemain. Namun, kartu merah (Harry Maguire) dan penalti (karena pelanggaran Kyle Walker) mengubah segalanya,” ujar Southgate kepada Sky Sports:

“Kami memperlihatkan ketahanan dan contoh luar biasa bagaimana bermain dengan sepuluh orang. Kiper mereka (Denmark) melakukan penyelamatan luar biasa untuk tetap mempertahankan keunggulan 1-0. Saya tetap bangga dengan para pemain. Mereka terus belajar dan meningkatkan diri,” tambahnya. Salah satu penyelematan gemilang kiper Denmark, Kasper Schmeichel yakni saat menepis sundulan jarak dekat Mason Mount.

Ulangi kesalahan

Maguire juga melakukan blunder saat Manchester United dipermalukan Tottenham Hotspur 1-6 pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (4/10/2020). Tottenham menjadi tim kedua yang mencetak enam gol kontra Man United di Old Trafford di pentas Liga Inggris setelah Manchester City pada Oktober 2011.

Namun, pelatih Inggris Gareth Southgate masih memberikan dukungan kepada Maguire. Menurutnya, Maguire pasti akan memperbaiki penampilannya. “Dia mengalami salah satu periode di mana hal-hal berlawanan dengannya. Tetapi, Anda harus bertahan di sana dan segalanya akan berubah,” ucapnya.

“Bukannya dia tidak pernah mengalami kemunduran sebelumnya. Karena tidak ada pemain yang mencapai level seperti sekarang tanpa mengalami kemunduran,” tegasnya. (Edi Purwanto)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: