Sabtu, 27 Februari 2021

LA Lakers Juara NBA 2020

Lebron James (nikelebron.net)

FLORIDA.- Los Angeles (LA) Lakers jadi juara National Basketball Asociations (NBA) 2020 setelah mengalahkan Miami Heat 106-93 pada gim keenam grand final NBA di di AdventHealt Arena, Bay Lake, Florida, Senin (12/10) WIB. Dengan hasil tersebut Lakers unggul 4-2 atas Heat dalam sistem pertandingan best of seven (tujuh gim terbaik). Bagi Lakers, ini adalah gelar NBA pertama sejak tahun 2010, sekaligus yang ke-17 sepanjang sejarah klub.

Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dalam sejarah NBA. Perolehan cincin Lakers menyamai rival abadinya Boston Celtics. Bedanya, Celtics terakhir kali jadi juara pada 12 tahun lalu atau 2008 bersama trio Paul Pierce, Kevin Garnett, dan Ray Allen. Lakers dan Celtics meninggalkan jauh Chicago Bulls dan Golden State Warriors yang punya enam cincin juara, serta San Antonio Spurs dengan lima cincin juara.

“Saya bilang kepada Presiden Lakers Jeanie Buss ketika datang ke sini, bahwa saya ingin membawa tim ini kembali ke posii mereka,” ujar  bintang Lakers LeBron “King” Jame seperti dikutip Yahoosports.

“Mendiang ayahnya yang begitu hebat membawa tim ini selama bertahun-tahun dan dia melanjutkannya. Bagi saya, menjadi bagian dari franchies bersejarah benar-benar luar biasa, tidak hanya untuk saya tapi juga rekan-rekan setim, untuk tim, para pelatih, staf pelatih, semua orang yang ada di sini,” tambah James.

Saat James datang ke Lakers, tim dalam kondisi hancur-hancuran. Saat James datang pada 2018, Lakers gagal lolos ke playoff untuk enam tahun beruntun. Bahkan, mereka sudah puasa gelar NBA sejak 2010. Ini tentu jadi prestasi buruk untuk tim sebesar Lakers.

Butuh waktu dua musim untuk James mendapat tim yang kompetitif, ketika Lakers memutuskan mendatangkan Anthony Davis dan beberapa pemain pendukung seperti Danny Green, JR Smith, Dwight Howard, dan Rajon Rondo.

Raih MVP

James jadi bintang kemenangan Lakers pada gim keenam dengan torehan 28 poin, 14 rebound, dan 10 assist. Selama final NBA 2020, James rata-rata mencetak 30,2 poin, 11,4 rebound, dan 8,2 assist. Atas prestasinya tersebut James terpilih sebagai Pemain Terbaik NBA (Most Valuable Player/MVP). Ini merupakan penghargaan MVP NBA keempat.

Menariknya, LeBron memenangkan MVP di setiap kemenangan final dalam kariernya selama 17 tahun. LeBron sekarang berada di posisi kedua sepanjang masa dalam hal peraih gelar MVP. Dia hanya tertinggal dari Michael Jordan, yang memenangkan MVP Final di semua enam kemenangan kejuaraannya.

LeBron bergabung dengan O’Neal, Kobe Bryant, Johnson dan Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain Lakers untuk memenangkan MVP Final. LeBron adalah pemain ketiga yang memenangkan gelar dengan tiga tim berbeda. Ini adalah cincin juara NBA keempat dalam karier James setelah dua kali meraihnya bersama Miami Heat pada 2012 dan 2013, serta sekali bareng Cleveland Cavaliers pada 2016. (Edi Purwanto)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: