Jumat, 22 Oktober 2021

Tak Ada Megatransfer di Musim Panas Ini

 

BURSA transfer pemain di Eropa pada musim panas 2020 resmi ditutup, Senin (5/10/2020) waktu Eropa atau Selasa (6/10/2020) WIB. Tidak ada megatransfer kali ini. Pembelian terbesar dilakukan Chelsea (Liga Inggris) saat memboyong Kai Havertz  dari Bayer Leverkusen (Liga Jerman) dengan nilai transfer 71 juta poundsterling atau Rp 1,35 triliun.

Kylian Mbappe yang digadang-gadang bakal menjadi pemain termahal di dunia, memecahkan rekor Neymar saat dibeli Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona dengan nilai transfer 222 juta euro,  (Rp 3,85 triliun), akhirnya tetap bertahan bersama PSG.

Mbappe dikabarkan akan hengkang ke Real Madrid tapi hingga bursa transfer ditutup, pemain asal Prancis berumur 21 tahun tersebut tetap bertahan di Parc des Princes, markas PSG. Penyebab Madrid gagal memboyong Mbappe diduga karena klausul pelepasannya terlalu mahal. Terlebih, Mbappe masih terikat kontrak hingga musim panas 2022.

Dilansir SkySports, terdapat 105 pembelian di kompeisi kasta teratas Negeri Ratu Elizabeth II dengan total biaya mencapai 1,24 miliar pounds atau sekitar Rp 23 triliun. Jumlah tersebut tak lebih besar dari pengeluaran pada 2019 (1,40 miliar pounds), 2018 (1,27 miliar), maupun 2017 (1,49 miliar).

Chelsea jadi tim paling boros pada bursa pemain musim panas ini dengan pengeluaran hingga 226,1 juta pounds untuk mengangkut tujuh pemain. Selain Kai Havertz, The Blues membeli Timo Werner dari  RB Leipzig (Liga Jerman) dengan nilai transfer 47,5 juta  pound, Ben Chilwell dari Leicester City (45 juta pounds),  Hakim Ziyech dari Ajax (44 juta euro) dan kiper Edouard Mendy – dari Stade Rennes (22 juta pound).

Klub kaya raya, Manchester City, menguntit di posisi kedua setelah menggelontorkan 147 juta pounds. The Citizens merekreut Pablo Moreno dari Juventus (nilai transfer dirahasiakan), Ferran Torres dari Valencia (20,9 juta pound), Nathan Ake dari Bournemouth (40 juta pound), dan Ruben Dias dari Benfica (68 juta euro). Peringkat ketiga sampai kelima berturut-turut diisi oleh Aston Villa (85 juta pounds), Leeds United (84,5 juta), dan Wolverhampton Wanderers (83,6 juta).

Aston Villa membeli Matty Cash dari Nottingham Forest (16 juta pound), Ollie Watkins dari Brentford (28 juta pound), Bertrand Traore dari Olympique Lyonnais (19 juta pound), dan Emiliano Martinez dari Arsenal (17 juta pound).

Leeds United membeli Helder Costa  dari Wolves (16 juta pound), Rodrigo Moreno dari Valencia (27 juta pound), Robin Koch dari Freiburg (dirahasiakan), Illan Meslier dari Lorient (dirahasiakan),  Joe Gelhardt dari Wigan (dirahasiakan), Cody Drameh dari Fulham (dirahasiakan), Sam Greenwood  dari Arsenal (dirahasiakan), Diego Llorente dari Real Sociedad (20 juta pound), Raphinha dari Stade Rennes (dirahasiakan).

Cavani ke United

Menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2020, Manchester United terlihat sangat aktif. The Red Devils membeli bek kiri asal Brasil Alex Telles  dari Porto dengan nilai transfer 13,6 juta poundsterling.

Setan Merah pun mendatangkan striker veteran Edinson Cavani dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer. Penyerang asal Uruguay tersebut dikabarkan hanya menandatangani kontrak selama semusim di Old Trafford.

United memboyong pemain sayap berumur 18 tahun, Amad Diallo  dari Atalanta dengan nilai transfer 21 juta euro (19 juta pounds). Diallo digadang-gadang sebagai salah satu pemain muda yang paling prespektif di sepak bola Italia.

Arsenal pun tak mau kalah. Menjelang penupan bursa transfer, The Gunners mendatangkan Thomas Partey dari Atletico Madrid dengan nilai transfer 45 juta pounds. Pemain asal Ghana berumur 27 tahun tersebut diharapkan bisa memperkuat lini tengah Tim Meriam London.

Tim yang sedang bersinar di Liga Inggris, Everton mendatangkan Ben Godfrey  dari Norwich dengan nilai transfer 25 juta pounds. Godfrey adalah salah satu bek tangguh di Liga Inggris. Ia akan memperkuat lini pertahanan The Toffees. Pelatih Everton Carlo Ancelotti sudah puas dengan lini tengah timnya setelah membeli James Rodriguez, Allan dan Abdoulaye Doucoure.

Mampukah The Toffees mempertahankan puncak klasemen atau berada di posisi “Empat Besar” agar lolos ke Liga Champions? Kita tunggu kiprah Everton! (Edi Purwanto)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: