Rabu, 1 Desember 2021

Menteri Baru, Akhirnya Berempat Satu Atap

PRESIDEN Joko Widodo secara resmi melantik enam menteri baru dan lima wakil menteri, yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).  Di antara berseliwerannya komentar terhadap enam nama yang diperkenalkan Presiden Jokowi, Selasa (22/12/2020), muncul lukisa dua pasang tokoh di medsos yang mencuri perhatian. Entah siapa pembuatnya.

Gambar tersebut mencolek kembali memori warga negeri ini akan suasana Pilpres 2019 lalu. Namun kali ini tanpa identitas nomor urut, tidak ada angka 1 dan 2. Hanya ada gambar Joko Widodo bersama Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto dengan Sandiaga Uno. Keempatnya mengenakan pakaian bernuansa putih dan berpeci hitam.

Di bagian bawah lukisan tersebut  ada tulisan: Happy Ending ! Mungkin si pembuatnya ingin mengirim pesan, semuanya berakhir dengan kegembiraan. Dua pasangan yang bersaing ketat dalam pilpres lalu, kini bersama di bawah satu atap. Setelah sebelumnya (capres) Prabowo  menjadi Menteri Pertahanan, kini (cawapres) Sandiaga Uno dipercaya jadi Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Harus diakui, Pilpres 2019 telah menimbulkan polarisasi yang buruk di tengah masyarakat Indonesia. Bayangkan, warga negara yang dikenal ramah ini seolah terbagi jadi dua kubu yang diwakili nama hewan: cebong dan kampret. Panggilan yang  merendahkan kemanusiaan. Hingga kini, pilpres sudah berlalu, tokoh puncaknya satu perahu, tapi sisa persaingan di tengah masyarakat masih kentara.

“Pilih satu dapat dua, pilih dua akhirnya bersatu,” tulis seorang netizen di kolom komentar Facebook.  “Demikianlah politik. Karena itu jangan terlalu kencang teriaknya, biasa saja. Sebab politik itu banyak kejutannya,” komentar yang lain.  “Semoga ini semua menjadi kebaikan bagi Indonesia yang kita cintai,” tutur netizen lainnya.

Paling tidak, itu adalah harapan sebagian masyarakat agar suasana  kembali nyaman.  Sudahi segala perseteruan. Namun harus diakui pula, ada sebagain pihak yang tidak senang keharmonisan ini terjalin. Ada yang kecewa jika kebersamaan antara tokoh-tokoh tersebut tercipta.

Wakil menteri

Selain Sandiaga Uno yang dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ada lima  lainnya yang dilantik  sebagai menteri. Mereka adalah Tri Rismaharini  sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan,  Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Di samping itu, Joko Widodo juge melantik lima orang wakil menteri. Mereka ialah Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan;  Edward Omar Sharif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia; Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan; Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian; dan Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Pada kesempatan itu dibacakan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Petrus Reinhard Golose dan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Hartono. Pelantikan dilangsungkan usai Jokowi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri. Selanjutnya Presiden Jokowi dan  Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang baru dilantik. (Suhardi Irawan)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: