Sabtu, 15 Mei 2021

Emil: Jangan Dulu ke Kota Bandung dan KBB

Gubernur Ridwan Kamil. Foto: Humas Pemprov Jabar

BANDUNG.- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak berkunjung dulu ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat pekan ini. Karena kedua daerah itu sedang  berstatus zona merah dalam penyebaran Covid-19.

“Dua daerah ini sedang bebenah dalam pengendalian covid pasca libur panjang kemarin,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu, di akun Facebook-nya, Selasa (1/12/2020).

Selain itu, Emil juga mengajak masyarakat untuk mempertahankan wilayah Bogor Depok Bekasi (Bodebek) yang kini tidak ada yang berstatus zona merah. “Mari pertahankan kondisi ini menuju kuning dan semoga hijau. Aamiin,” tulis Ridwan Kamil.

Sementara itu Sekretaris Daerah  Kota Bandung, Ema Sumarna memperkirakan, libur panjang beberapa waktu lalu berdampak pada kenaikan angka positif Covid-19 di Kota Bandung. Dia yakni libur panjang itu berpengaruh. “Kita rasakan sekarang imbasnya 14 hari kemudian,” ujar Ema kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (1/12/2020).

Faktor pilkada

Selain pengaruh libur panjang, Ema juga menyebut pilkada yang akan digelar di beberapa daerah berpengaruh pada percepatan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung. Kegiatan itu meningkatkan pergerakan masyarakat yang berimbas pada peningkatan potensi penyebaran virus corona.

Mengenai libur panjang akhir tahun ini, Ema mengaku belum memastikan langkah apa saja yang akan dilakukan Pemkot Bandung. “Kami tidak bisa melarang wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Bandung. Tapi kami akan terus melakukan peningkatan pengawasan,” tuturnya. ‎

Langkahnya bukan melarang orang masuk Kota Bandung. Langkah yang dilakukan misalnya mengimbau pengelola hotel untuk menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal. “Bahkan kita mengimbau agar mereka mengambil peluang hanya 50 persen atau 30 persen. Semoga ini bisa dipahami,” ujarnya. (Pri)***‎

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: