Sabtu, 23 Oktober 2021

Kapolda Baru Harus Lebih Tegas Terapkan Prokes

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri

BANDUNG.- Protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19 harus benar-benar dipatuhi semua pihak. Komando penegakan ada di gugus tugas, yang salah satu unsurnya adalah pihak keamanan dalam hal ini Polri. Karena itu, Kapolda Jabar yang baru diharapkan bisa menerapkan aturan ini lebih tegas lagi tanpa pandang bulu.

“Intinya, aturan itu harus berlakukan secara tegas kepada siapa saja, tanpa pandang bulu. Ini upaya kita bersama dalam pencegahan penularan yang lebih luas, demi keselamatan masyarakat,” ujar anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, Sidkon Djampi, kepada apakabar.news, Senin (16/11/2020) malam.

Sidkon Djampi diminta pendapatnya berkaitan dengan pencopotan Irjen Rudy Sufahriadi sebagai Kapolda Jabar, karena dianggap tidak melaksanakan perintah penegakan protokol kesehatan Covid-19. Posisi tersebut digantikan Irjen Pol Ahmad Dofiri. Hal yang sama juga menimpa Irjen Nana Sudjana yang diberhentikan sebagai Kapolda Metro Jaya.

“Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya dan Kapoda Jawa Barat,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/11/2020). Pencopotan diduga berkaitan dengan terjadinya kerumunan massa dalam jumlah besar pada kegiatan Habib Rizieq Shihab pada beberapa hari terakhir ini.

Menurut Sidkon Djampi, dalam waktu dekat Jabar akan menggelar pilkada serentak di 8 daerah. Hajatan politik tersebut sudah sepatutnya menjadi perhatian pihak keamanan, supaya kondisi Jabar tetap kondusif. Terlebih lagi Jabar adalah penyangga terdekat bag ibukota. Jabar menjadi barometer bagi kondisi keamanan secara nasional.

“Kami mengucapkan selamat datang untuk Pak Kapolda Jabar yang baru. Semoga kehadirannya menjadi berkah buat warga Jabar dari sisi kemanana dan ketertiban masyarakat,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar ini.

Lulusan terbaik

Sementara itu, Kapolri sudah menunjuk Irjen Pol Ahmad Dofiri menjadi Kapolda Jabar menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi, melalui surat telegram bernomor: ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020. Surat ditandatangani ASDM Polri Irjen Sutrisno sesuai perintah Kapolri.

Menurut catatan, Ahmad Dofiri merupakan jenderal bintang dua kelahiran Indramayu, Jawa Barat, 4 Juni 1967. Jabatan terakhir sebelum menjadi Kapolda Jabar adalah Asisten Logistik Kapolri sejak

6 Desember 2019. Lulusan terbaik Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang SDM dan pernah menjadi sebagai Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penugasannya di Jabar bukan yang pertama kali. Dia pernah menjabat Kapolres Bandung (2007) dan Wakapolwiltabes Bandung (2009). Sementara itu Irjen Rudy Sufahriadi selanjutnya dimutasi sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Lemdiklat Polri. (Pri)***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: